BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ka Kwarda tutup KMD bagi Guru SLB se-Provinsi Riau

 

Ketua Kwarda Kak Kasiarudin SH memberikan sambutan sekaligus menutup KMD bagi Guru SLB bidang PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Selasa, 26/9/2023 malam di aula Pusdiklatda Riau


kwardariau.or.id, Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau kak Kasiarudin SH menutup secara resmi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Provinsi Riau angkatan I pada kegiatan pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan bidang pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PKPLK) Dinas Pendidikan Provinsi Riau di aula Pusdiklatda Riau, Selasa, 26/9/2023 malam.


Peresmian penutupan ditandai dengan penyerahan kembali tunggul latihan dari Pemimpin Kursus kak Herry Syahrial kepada Ketua Kwarda kak Kasiarudin dan pelepasan tanda peserta.


Ketua Kwarda dalam sambutannya mengapresiasi atas pelaksanaan KMD dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak.

Sambutan Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin SH sekaligus menutup KMD bidang PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Riau


"Saya mengapresiasi atas pelaksanaan KMD ini dan terimakasih Kakak-kakak sekalian" kata kak Kasiarudin.


Kak Kasiarudin mengungkapkan betapa besar dan mulianya tugas guru dan meminta peserta membaca kisah inspirasi karangan Andrea Hirata khususnya yang berjudul Laskar Pelangi. 


Oleh karenanya, beliau mengatakan bahwa Negeri ini perlu pendidikan karakter. Yang punya sistem, metode, kurikulum, pelatih, keteraturan yang berjenjang adalah Gerakan Pramuka.

Laporan Pemimpin Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kak Herry Syahrial pada penutupan KMD


"Saya yakin, jangan berpikir teks book, bekal ini akan menginspirasi, akan membuat Kakak-kakak kreatif dalam membina" ujarnya.


"Anak-anak yang dibina ini khusus, ada tuna rungu, tuna netra, tuna grahita, tuna daksa dan lainnya. Kalau mereka dibina, mereka bisa hebat seperti putri ariani dari Kampar. Kekurangan fisik tidak menjadi alasan" jelasnya.



"Sekali lagi terimakasih atas kesabaran Kakak-kakak mengikuti KMD. Terimakasih kepada para Pelatih dan Dinas Pendidikan" ucapnya.


Ia juga meminta kepada Kak Yasni yang mewakili Kadis Pendidikan agar diusulkan anggaran untuk Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) sebagaimana harapan peserta KMD.


Beliau kembali mengingatkan bahwa Pramuka adalah solusi anak muda sekarang dan masa yang akan datang. Pramuka punya keunggulan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik yang dikenal dengan Sesosif yang merupakan ranah pembinaan peserta didik.

Kesan dan pesan peserta KMD diwakili oleh Kak Silva Anum dari Pelalawan


"Kakak-kakak bahagia dan bersyukur telah menyelesaikan KMD. Yakinlah, itu tidak akan sia-sia. Insya Allah energi positif Kakak tularkan kepada anak-anak" kata mantan Kadis Pendidikan Kota Dumai ini.


Sementara itu kak Yasni mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyampaikan terimakasih kepada Kwarda dan para pelatih KMD.


"Kepada Kakak-kakak saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya sudah menempatkan sesuai bidangnya. Kakak-kakak lah yang dapat melatih, mengimplementasikan apa yang sudah didapat di satuan pendidikan" kata kak Yasni.

Pemimpin Kursus Kak Herry Syahrial menyerahkan kembali Tunggul Latihan kepada Ketua Kwarda Riau pada penutupan KMD


"karena mereka (peserta KMD) setelah sampai di sekolah, walaupun yang didapatkan secara umum tapi kita adaptasi dan modifikasi sesuai ketunaan, misalnya untuk tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa dan lainnya" tambahnya.


"Jangan hanya sampai disini, tolong diimplementasikan di sekolah. Mudah-mudahan untuk yang akan datang kita coba untuk KML" pesannya.


Ia mengucapkan terimakasih kepada para Pelatih. Semoga ilmu yang sudah diberikan kepada Guru-guru SLB menjadi amal ibadah dan dapat diterangkan di sekolah.

Pelepasan tanda peserta KMD


Pemimpin Kursus kak Herry Syahrial dalam laporannya menyampaikan peserta yang lulus mengikuti KMD 47 orang dan lulus bersyarat 1 orang. Pelaksanaan KMD mulai dari Tim Pelatih, Panitia, Sarana Prasarana, Konsumsi, hubungan antara peserta dan pelatih hasilnya baik.


Salah seorang peserta KMD, kak Silva Anum dari Pelalawan dalam kesan dan pesannya mewakili peserta KMD mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan, para Pelatih dan Panitia.


"Terimakasih kepada Dinas Pendidikan. Alhamdulillah dapat berjalan detik ini, walaupun ada sedikit rintangan dapat kita selesaikan dengan baik" kata kak Silva Anum.



"Mewakili Guru-guru SLB, kami mengucapkan mohon maaf kepada Pelatih, Panitia apabila ada tingkah laku kami yang tidak berkenan. Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi amal jariyah" tambahnya.


Ia mengharapkan setelah KMD ini ia dan teman-temannya dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama 1 Minggu kepada anak-anak yang menanti di sekolah.


Selain itu, ia berharap ada kursus untuk pendidikan khusus di SLB.


"Kepada sesama rekan-rekan saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama kita selama ini dan silaturahmi tetap terjaga dan kita lanjut KML dan dapat berjumpa lagi" ujarnya.


Hadir pada acara penutupan KMD, Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota dewasa kak Mahadar SPd MM, PPTK kegiatan KMD kak Fatimah SPd, para Pelatih, Panitia dan Peserta.


Penulis : kak Irwan Yuliadi 

« PREV
NEXT »