BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ka Kwarda Riau Lepas Kontingen Riau Mengikuti Pelangi XIV di Banten

Sambutan Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin SH sekaligus melepas Kontingen Riau mengikuti perkemahan La Tansa Gali Inovasi (Pelangi XIV) Banten di aula Kwarda Riau, Selasa (26/9/2023).



kwardariau.or.id, Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau kak Kasiarudin SH melepas secara resmi kontingen Provinsi Riau mengikuti perkemahan La Tansa Gali Inovasi (Pelangi XIV) Banten di aula Kwarda Riau, Selasa (26/9/2023). 


Kontingen yang dilepas berasal dari Gugus Depan Siak 08.121 Pangkalan Madrasah Tsanawiyah Jabal Nur dan Gugus Depan Siak 08.123 Pangkalan Madrasah Aliyah Jabal Nur. 


Jumlah kontingen 24 orang terdiri dari Pramuka Penggalang 10 orang, Pramuka Penegak 10 orang, Pimpinan Kontingen 1 orang, dan Pembina Pendamping 3 orang. Kegiatan perkemahan La Tansa Gali Inovasi akan digelar 2 Oktober sampai dengan 5 Oktober 2023 di Banten.

Sambutan Pimpinan Kontingen kak Ismail Marzuki Harahap pada acara melepas kontingen Riau mengikuti perkemahan La Tansa Gali Inovasi (Pelangi XIV) Banten di Aula Kwarda Riau, Selasa (26/9/2023).


Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin dalam sambutannya mengatakan bahwa adik-adik harus bersyukur belajar di Madrasah dan bergabung menjadi anggota Pramuka dan Pramuka adalah suatu solusi. 


"Jadi adik-adik bersyukur dan adik-adik belajar di Madsarah, adik-adik dibawa untuk bergabung untuk aktif di Pramuka" kata kak Kasiarudin.


“Sekarang ini di dunia pendidikan itu disamping pendidikan formal tidak cukup atau belum cukup karena ada lagi pendidikan tambahan dan ini bukan hanya sekadar tambahan tetapi pendidikan yang ditambah di Pramuka disebut dengan pendidikan non formal itu adalah pendidikan di luar jalur formal,” tambahnya. 



Menurut kak Ilal sapaan akrabnya, di Pramuka ditanamkan nilai-nilai spritual karena Pramuka ada namanya prinsip dasar yang didalam pembelajarannya meletakkan iman dan takwa itu paling atas. Pramuka itu kegiatannya banyak di alam terbuka dan tidak ada masalah.


“Jadi apa yang kita lakukan itu harus kita senangi,” ujarnya,

 

Pada kesempatan kegiatan pelepasan itu, Kak Ilal menyebut bahwa Inovasi itu adalah daya reka daya cipta. Inovasi akan muncul apabila ada kreasi dan kreativitas. 



“Sekali lagi selamat dan semoga adik-adik tetap sehat, tetap semangat dan meraih prestasi,” katanya. 


“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim peserta Kontingen Riau dari pondok pesantren Jabal Nur Kandis Kabupaten Siak untuk mengikuti Perkemahan Gali Inovasi (Pelangi XIV) di Banten tahun 2023 dengan ini resmi kita berangkatkan,” ucap kak Kasiarudin. 


Sementara itu, Pimpinan Kontingen kak Ismail Marzuki Harahap SE menyampaikan bahwa anggota Gerakan Pramuka Jabal Nur mengamalkan kepramukaan sama dengan sunah Rasul karena Rasul itu hijrah, Rasul itu berkemah, dan juga mandiri. 



“Dan juga kami para santri menganggap kegiatan perkemahan adalah kegiatan sunah Rasullullah,” ujarnya. 

 

Kak Ismail mengharapkan mudah-mudahan semua peserta dari kontingen Riau dalam keadaan sehat wal'afiat dan juga mohon do'a dari kakak kakak yang disantri dan kakak kakak di Kwarda, mudah-mudahan kontingen Riau meraih prestasi yang sangat luar biasa di perkemahan La Tansa Gali Inovasi.


Pewarta: kak Rasid Ahmad

Editor: kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »