BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Dari KPL Kwarda Riau, Bupati Bengkalis Berharap Terwujud SDM Berkualitas

 

Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan yang juga Ketua Kwarcab Bengkalis kak Bustami HY SH MH memberikan sambutan pada pembukaan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KPL) Kwarda Riau di Gedung Daerah Dt Laksamana Raja Dilaut Kabupaten Bengkalis, Senin malam, 23/10/2023.


kwardariau.or.id, Bengkalis - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bengkalis menjadi tuan rumah pelaksanaan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KPL) Kwartir Daerah (Kwarda) Riau. Dari kegiatan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa Bengkalis tersebut, Bupati Bengkalis berharap terwujudnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. 


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis kami menyambut baik atas pelaksanaan KPL ini. Kami menilai kegiatan kursus yang dilaksanakan Kwarda Gerakan Pramuka Riau sangat tepat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Bupati Bengkalis, kak Kasmarni SSos MMP diwakili Staf Ahli  Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan kak Bustami HY SH MH saat pembukaan KPL di Gedung Daerah Dt Laksamana Raja Dilaut,  Senin (23/10/2023) malam.

Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan kak Bustami HY SH MM memberikan cenderamata kepada Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka kak Yana Suptiana MPd


Disebutkan, dengan adanya Kursus Pelatih Pembina Pramuka ini, dia berharap dapat menambah jumlah dan meningkatkan kemampuan Pelatih untuk dapat melaksanakan pendidikan tentang kepramukaan secara berdaya guna dan tepat sasaran. 


Lebih lanjut beliau berharap melalui KPL diharapkan dapat menghasilkan Pelatih Pembina Pramuka yang mampu menyelenggarakan pendidikan/latihan kepramukaan yang menarik bagi peserta sehingga dapat meningkatkan peran sertanya dalam Gerakan Pramuka.


Kemudian juga bisa memahami, menguasai dan mampu menjalankan hal ihwal kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta perkembangan sesuai dengan pengembangan masyarakat, bangsa dan dunia saat ini.

Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan kak Bustami HY SH MM memberikan cenderamata kepada Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin SH


Ia menyampaikan tantangan bagi Pembina Pramuka adalah harus selalu kreatif dalam membina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka begitu pula para  Pelatih hendaknya dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang relevan dengan zamannya tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan kepada para Pembina Pramuka.


Selain itu, ia menyampaikan pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.


"Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat," ujarnya.



"Kaum muda yang berkarakter dan handal yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup menatap masa depan dengan lebih baik. Oleh karena itu, Gerakan Pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan zaman. Pramuka itu keren, asyik dan menyenangkan, harus terus dikembangkan secara terus menerus sehingga kaum muda bangga menjadi Pramuka," ungkap Bustami yang juga Ketua Kwarcab Bengkalis ini.


Selanjutnya ia menekankan agar para peserta kursus dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas. Sehingga memiliki kepribadian dan kepemimpinan, disiplin, sehat mental moral dan fisiknya berjiwa patriot berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggung jawab peduli dan komitmen terhadap kode kehormatan Pramuka.



"Gantungkanlah cita-cita mu setinggi langit ! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang. Begitu pesan Presiden RI Soekarno untuk generasi penerus negeri ini. Pesan yang sampai kapanpun tetap akan relevan," kata mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis ini di akhir sambutan.


Sebagaimana diketahui, KPL diselenggarakan oleh Kwarda Riau atas limpahan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada tanggal 23 sampai dengan 29 Oktober 2023 di Kwartir Cabang Bengkalis.


Kegiatan diikuti 60 orang peserta berasal dari utusan Kwarcab se-Daerah Riau dan luar Kwarda Riau yakni Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Jawa Timur dan Sulawesi Tengah.


KPL dibuka oleh Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka Yana Suptiana MPd, dihadiri Ketua Kwarda kak Kasiarudin SH, Wakil Ketua Kwarda bidang pembinaan anggota dewasa kak Mahadar SPd MM, Sekretaris Kwarda kak Indra Irianto SH, para pelatih KPL, peserta, panitia dan undangan lainnya.


Penulis : kak Irwan Yuliadi 

Editor : kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »