BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Kemah Hari Santri Nasional Sako Ma'arif NU Siak Diikuti Tiga Ratusan Peserta

  

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin didampingi Mursyid Thariqah Qadiriyyah Wa Naqsabandiyah Siak KH Muhammad Abdulloh Kusman memasang tanda peserta Kemah Hari Santri Nasional Tahun 2023 pada Kamis (19/10/2023) di Buper Pondok Pesantren NU Miftahul Qur’an di Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau


kwardariau.or.id, Siak - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023 Sako Ma'arif NU Kabupaten Siak mengadakan Kegiatan Kemah Hari Santri di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren NU Miftahul Qur'an, Seminai, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Kamis (19/10/2023).


Kegiatan ini digelar dari Tanggal 19 sampai dengan 22 Oktober 2023. 


Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Kak Ahmad Saepudin A.Ma SH melaporkan bahwa kegiatan Kemah Hari Santri di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren NU Miftahul Qur'an ini diikuti 356 peserta Pramuka Tingkat Penggalang dan Penegak ditambah pembina pendamping. 

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin menjadi Pembina Upacara Kemah Hari Santri Nasional Tahun 2023 pada Kamis (19/10/2023) di Buper Pondok Pesantren NU Miftahul Qur’an di Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau


"Adapun pangkalan atau Gudep yang mengikuti kegiatan Kemah Hari Santri di Ponpes NU Miftahul Qur'an ini yakni MTs Sultan Syarif Kasim Kwarran Bungaraya, MI Seminai Cemerlang, MTs Kumbara Utama, MI As Salaam Bukit Harapan Kwarran Kerinci Kanan, MTs Hidayatul Mubtadiin Dayun, Ponpes Ar-riyadh Kerinci Kanan, SDIT AR Rofii Lubuk Dalam, MTs Riyadus Sholihin Kerinci Kanan, MI SC Sri Gading Lubuk Dalam, SMP IT BS MQ Kerinci Kanan, SMK IT Global Sains Miftahul Quran Kerinci Kanan, MA Ridayus Sholihin Kerinci Kanan, Darul Muttaqien Kerinci Kanan, dan Ponpes Arriyadh Kerinci Kanan," jelas Kak Ahmad Saepudin. 

Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin meninjau peserta Kemah Hari Santri Nasional Tahun 2023 pada Kamis (19/10/2023) di Buper Pondok Pesantren NU Miftahul Qur’an di Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau


Kak Ahmad menyampaikan kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pembinaan anggota Pramuka Penggalang dan Penegak, juga merupakan program tahunan yang telah ditetapkan melalui musyawarah Pembina dengan persetujuan Ketua Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Siak. 


"Adapun jenis lomba yang diperlombakan pada kegiatan Kemah Hari Santri yakni Lomba Tapak Perkemahan, Mengkafani Jenazah, Pionering, Sketsa Panorama, Peta Pita, Yel yel, PBB, Tilawah dan Tartil, Cerdas Cermat, Pembacaan Albarjanzi, Membaca Kitab, Nadzom, lomba juz 30, Shalat Jenazah, Menggambar logo NU, Morse, Semaphore, Pentas seni, Pidato/khutbah, Tali Temali, P3K, Menaksir, Halang Rintang, Vlog, Teknologi Tepat Guna, Sarhil, dan Peta Lapangan," jelasnya. 



Ketua Kwarda Kak Kasiarudin SH yang hadir membuka Kemah Hari Santri tersebut mengatakan, Pramuka adalah tempat berhimpunnya anak-anak muda yang suka berkarya.


"Belajar, berkarya dan menimba ilmu, menimba pengetahuan. Disamping itu yang paling penting adalah untuk menanamkan aqidah memperkuat nilai-nilai keagamaan," katanya.  


Menurut Kak Kasiarudin, apapun kegiatan kita sesuai pesan Kiai kita jangan mengabaikan yang wajib yaitu sholat. Pramuka adalah suatu wadah yang diakui pemerintah dan dipercaya oleh pemerintah untuk membina generasi muda Indonesia.



"Terimakasih kepada Bapak Kiai, pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Qur'an ini yang telah melaksanakan kegiatan dan memfasilitasi," ucapnya. 


Ia berpesan jangan abai dengan sholat. "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim perkemahan Sako Ma'arif NU dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023 di Kabupaten Siak dengan ini resmi kita mulai," kata Ketua Kwarda. 



Hadir pada perkemahan tersebut Mursyid Thariqah Qadiriyyah Wa Naqsabandiyyah Kabupaten Siak KH. Muhammad Abdulloh Kusman, Ketua Sako Kabupaten Siak Kak Ridwan Dwi Santoso SPd, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Quran Ajengan Adam Malik, dan Beberapa Pengasuh Pondok Pesanten Se-Kabupaten Siak serta tamu undangan lainnya. 


Pewarta: Kak Rasid Ahmad

Editor: Kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »