BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ka Kwarran Tebing Tinggi Lantik Mabi Gugusdepan 01-021/01-022 SDN 17 Alahair Timur

 

Prosesi Pelantikan Mabi dan LPK Gugusdepan Kepulauan Meranti No.01-021/01-022 Pangkalan SDN.17 Alahair Timur Masa Bakti 2023-2026

kwardariau.or.id, Alahair Timur - Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Tebing Tinggi kak Syafrizal, S.Pd melantik Majelis Pembimbing (Mabi) Gugusdepan Kepulauan Meranti No.01-021/01-022, di ruangan Kelas SDN.17 Alahair Timur pada Sabtu, (7/10/2023) sore.


Pelantikan berjalan khidmat diawali dengan pembacaan surat keputusan oleh sekretaris Kwarran Tebing Tinggi kak Supriyadi SPd dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dimana Kepala Sekolah SDN 17 Alahair Timur kak Nuraini SPd SD dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan dan kak Siti Dalyunah SPd SD sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) masa bakti 2023-2026.


Prosesi pelantikan diawali dengan tanya jawab, kemudian pengucapan Tri Satya yang dipandu oleh Ka Kwarran Tebing Tinggi dilanjutkan dengan pemasangan tanda jabatan, pembacaan Ikrar dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Prosesi Pelantikan Pengurus Gugusdepan Kepulauan Meranti No.01-021/01-022 Pangkalan SDN.17 Alahair Timur Masa Bakti 2023-2026


Turut hadir, unsur Mabicab diwakili oleh Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kak Tengku Siti Zaharah SE, Sekretaris Kwarcab Kepulauan Meranti kak H Efendi SAg MM, Mabiran Tebing Tinggi kak Kamsiatun SHum MM, Korwil Bidang Pendidikan kak Risdianto SPd, unsur Mabi dari komite sekolah kak Yassir dan kak M Arif SKom, MT, para pengurus dan andalan Kwarran Tebing Tinggi.


Kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Gugusdepan Kepulauan Meranti No.01-021 yang diketuai oleh kak Makmun Murod, S.IP dan Gugusdepan Kepulauan Meranti No.01-022 diketuai oleh kak Reka Hayati Rahmah SPd.


Kak Efendi dalam sambutannya mengingatkan tentang tugas pokok dan fungsi Mabigus yakni memberikan bimbingan, pengarahan, dan supervisi terhadap kegiatan Pramuka di tingkat Gugus depan.

Pemasangan Tanda Jabatan Pengurus Gudep Kepulauan Meranti No.01-022 Pangkalan SDN.17 Alahair Timur Masa Bakti 2023-2026


"Di Kepulauan Meranti ada dua hal yang masih belum optimal, yakni pencapaian Pramuka Garuda dan Gugusdepan ramah lingkungan, kami berharap dengan potensi yang ada di pangkalan SDN.17 Alahair Timur bisa untuk mempersiapkan" ungkap kak Efendi.


Dalam kesempatan yang sama kak Nuraini juga meminta kepada pengurus Gugusdepan yang baru dilantik agar dapat mengembangkan program-program kepramukaan yang kreatif, menarik, dan relevan dengan perkembangan zaman untuk memberikan pengalaman yang berharga bagi anggota.


"Potensi yang ada di Gugusdepan SDN.17 Alahair Timur tidak akan berjalan sebagaimana diharapkan tanpa bantuan dari semua stakeholder khususnya pengurus Kwarran Tebing Tinggi, mohon dukungan dan bimbingannya" ungkap kak Nuraini.

Pembacaan Ikrar oleh Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Gugusdepan SDN.17 Alahair Timur Masa Bakti 2023-2026


Usai pelantikan dilanjutkan dengan pembukaan perkemahan Sabtu Minggu (Persami) oleh kak Nuraini yang di ikuti oleh Pramuka Penggalang di pangkalan SDN.17 Alahair Timur.  


Sedangkan untuk Pembina, Pengurus LPK dan Pengurus Gugusdepan yang telah dilantik mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Implementasi sistem informasi manajemen Pramuka (SIMUKA) yang disampaikan oleh kak Khoirudin SKom selaku andalan Humas dan Informatika Kwarran Tebing Tinggi.


Dilanjutkan Orientasi Kepramukaan yang disampaikan oleh kak Risdianto SPd selaku Pelatih Pusdiklatcab Kepulauan Meranti dan juga Korwil Pendidikan Kecamatan Tebing Tinggi yang menjelaskan tentang Permendikbud No.63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Foto Bersama Usai Pelantikan Mabi, LPK dan Pengurus Gudep SDN.17 Alahair Timur


Pada sesi ini terlihat antusias peserta dengan banyaknya pertanyaan seputar Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka, dari 15 Pengurus yang dilantik hanya 3 peserta yang sudah KMD.


Di akhir sesi kak Risdianto meminta kepada kepala sekolah selaku Ketua Mabi agar memfasilitasi pelatihan dan pengembangan kemampuan Pembina Gugus depan dengan mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) secara mandiri.


Pewarta : kak Khoirudin

Editor : kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »