BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Jojo Fun Camp Daerah Riau Diikuti Tiga Ratusan Peserta

 

Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau kak Boby Rachmat SSTP MSi foto bersama undangan dan peserta usai pembukaan Jamboree On The Air (JOTA) ke-86 dan Jamboree On The Internet (JOTI) ke- 44 Kwarda Riau bertajuk JoJo Fun Camp Daerah Riau, Jum'at, 20/10/2023 di aula Pusdiklatda Riau

kwardariau.or.id - Pekanbaru - Jamboree On The Air ke-86 dan Jamboree On The Internet ke-44 (JOTA-JOTI) bertajuk JoJo Fun Camp Daerah Riau Tahun 2023 resmi dibuka pada Jumat (20/10/2023) di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau Jalan Pramuka No.100 Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur Pekanbaru.


Kegiatan yang dilaksanakan dari 20 s.d 22 Oktober 2023 ini mengusung slogan Adaptif, Menyenangkan, Berdaya Saing dan Inovatif (AMBOI) dengan motto Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan.

Gubernur Riau diwakili Kadispora kak Boby Rachmat SSTP MSi memasangkan tanda peserta kepada perwakilan peserta JoJo Fun Camp Daerah Riau Tahun 2023


Ketua Sangga Kerja, Mhd Rizal Helmi dalam laporannya menyampaikan bahwa personel sangga kerja kegiatan Jojo Fun Camp Daerah Riau adalah Dewan Kerja Daerah Riau dan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Se- Daerah Riau dengan jumlah 45 Orang dan Pembina Pendampingnya merupakan Andalan Kwartir Daerah Riau Bidang Pembinaan Anggota Muda.


Sedangkan Narasumber pada rangkaian kegiatan ini terdiri dari unsur Andalan Kwartir Daerah Riau, ORARI Daerah Riau dan tenaga profesional di bidangnya.



"Untuk peserta kegiatan berasal dari Dewan Kerja Cabang se- Daerah Riau  berjumlah 12 orang. Sedangkan peserta mandiri terdiri dari Pramuka Penegak dan Pandega Se- Daerah Riau berjumlah 300 dengan total 312 orang, jadi total keseluruhan 357 orang," terang Rizal.



Mewakili Gubernur Riau Kadispora Riau, kak Boby Rachmat SSTP MSi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Jota dan Joti ini merupakan ajang menjalin komunikasi untuk mempererat rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka.


"Disamping mempererat tali persaudaraan, kegiatan ini juga bermaksud memperkenalkan beberapa teknologi yang harus dikuasai oleh anggota Pramuka. Hal ini juga tercantum dalam pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU) bagi setiap anggota Pramuka dan merupakan metode dalam pembinaan dan pengembangan pendidikan Kepramukaan," kata kak Boby.


Kadispora juga menyampaikan apalagi kegiatan ini dikemas secara menarik dengan suasana perkemahan dan dengan berbagai kegiatan, agar dapat diterima oleh adik-adik peserta dan dijadikan pelajaran.

 


Pada kesempatan itu ia berharap jadikan kegiatan ini alat bagi adik-adik untuk melatih kemandirian, mengembangkan rasa percaya diri, sarana bersosialisasi, serta mengembangkan latihan yang kita peroleh selama di Gugusdepan.


"Meskipun komunikasi ini khususnya radio amatir  terbilang teknologi yang cukup lama, namun bagi anggota Pramuka haruslah dapat dikuasai, apalagi terbukti komunikasi ini sangat efektif dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana sehingga sangatlah tepat diaplikasikan dalam Program Pramuka Peduli," harapnya.


Kak Boby yang juga merupakan Sekretaris Mabida Riau ini berharap dengan aktif mengikuti kegiatan Kepramukaan yang diselenggarakan secara menarik, menantang, edukatif dan rekreatif, kaum muda Indonesia bukan saja dapat terhindar dari berbagai masalah sosial, tetapi yang terpenting lagi dapat  berperan aktif dalam turut mencegah tersebar luasnya berbagai masalah sosial kaum muda tersebut.


"Melalui kegiatan kepramukaan yang inti pokoknya menanamkan nilai-nilai kewajiban terhadap Tuhan, terhadap negara, terhadap sesama serta terhadap diri sendiri, seperti yang tercantum dalam Trisatya dan Dasa Darma, akan dapat dibentuk kaum muda dengan watak, kepribadian dan pekerti yang andal sebagai kader penerus bangsa pada masa depan," harapnya.


Ia juga mengajak ikutilah kegiatan yang dikelola oleh adik-adik DKD ini dengan penuh semangat dan penuh disiplin, sehingga mencapai hasil yang maksimal dan diharapkan bagi kita semua.


"Kepada pengurus ORARI Lokal Daerah Riau, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan dan kerjasamanya dalam mensukseskan kegiatan Jota dan Joti sehingga berjalan dengan baik, sukses dan lancar, " ucap kak Boby.


"Akhirnya, semoga apa yang kita lakukan bersama mendapat ridho Allah, SWT, " tambahnya.


Perlu diketahui, upacara pembukaan yang pada awalnya sempat digelar di panggung upacara dialihkan ke dalam aula dikarenakan hujan disertai petir yang turun pada Jumat sore tersebut.


Kegiatan Jojo Fun Camp Daerah Riau ini dibagi di dua lokasi yakni di Bumi Perkemahan Pusdiklatda dan di kantor ORARI Riau di Jalan Sutomo Pekanbaru.


Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin SH, Andalan Daerah Riau serta undangan lainnya.


Pewarta: kak Rasid Ahmad

Editor : kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »