BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ketua Harian Mabida Riau buka Jojo Camp 2023 Kwarcab Kepulauan Meranti

 

Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka Riau kak Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si memberikan sambutan sekaligus membuka acara Jamboree On The Air (JOTA) ke86 dan Jamboree On The Internet (JOTI) ke-44 Kwarcab Kepulauan Meranti di Bumi Perkemahan Rumbia Berduri, Selatpanjang, Jumat (20/10/2023)

kwardariau.or.id - Selatpanjang - Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau kak Drs.H Masrul Kasmy, M.Si membuka Jamboree On The Air (Jota) ke-86 Jamboree On The Internet (Joti) ke-44 Kwartir Cabang Kepulauan Meranti, Jumat (20/10/2023).


Kegiatan Jota-Joti Kwarcab Kepulauan Meranti yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Rumbia Berduri Desa Banglas berlangsung dari tanggal 20-22 Oktober 2023 dengan Nama Kegiatan JoJo Camp 2023 Kwarcab Kepulauan Meranti dengan mengangkat tema "Discover Our World" Temukan Dunia Kita. 


Jojo Camp 2023 dihadiri oleh Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti yang diwakili Wakabinawasa kak Selamat Marino, S.Pd, Sekretaris Kwarcab kak Efendi, S.Ag, MM, Wakabinamuda kak Syafrizal, S.Pd, Ketua ORARI Lokal Kepulauan Meranti kak H. Syamsuddin, S.Pd, Ketua RAPI Kepulauan Meranti kak Irman, SE, Pembina dan Kamabigus yang berpangkalan di Kwarran Tebing Tinggi.

Ketua Harian Mabida Riau Kak Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si Membuka Jojo Camp 2023 Kwarcab Kepulauan Meranti, Jumat (20/10/2023)


Kak Basuki Rahmat, S.Pd selaku Ketua pelaksana melaporkan kegiatan Jota-Joti Kepulauan Meranti diikuti oleh 98 Pramuka Penegak dan 37 Pramuka Penggalang total 135,  selain di Rumbia Berduri kegiatan Jojo Camp dilaksanakan di masing-masing Kwarran. 


"Selain berjota-joti peserta juga akan memperoleh materi tentang Safe Form Harm atau anti perundungan dari Bidang Perlindungan Anak Dinas Sosial dan materi tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Koramil 02 Tebing Tinggi" ungkap kak Rahmat.


"Materi terbaru yang bakal di peroleh oleh peserta yaitu Pramuka pelopor keselamatan lalu lintas dan narasumbernya langsung oleh Satgas Pelopor Lalu Lintas yang telah mengikuti kegiatan terbaru Kwarda Riau baru-baru ini" lanjut kak Rahmat.

Sambutan Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti diwakili Wakabinawasa kak H. Selamat Marino, S.Pd pada Jojo Camp 2023, Jumat (20/10/2023)


Kegiatan JOTA Kwarcab Kepulauan Meranti akan mengudara melalui Station JOTA Kepulauan Meranti dengan Call Sign YH5NKJ bersama ORARI lokal Selatpanjang, sedangkan JOTI Kwarcab Kepulauan Meranti menggunaan JOTI Selatpanjang Station.


Kak Selamat mewakili Ka Kwarcab berpesan pada intinya kegiatan Jota-Joti akan menambah persaudaraan, kerukunan, menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan melalui teknologi yang tidak dapat kita hindari lagi sekarang yaitu internet.

Sambutan Ketua ORARI Lokal Kepulauan Meranti kak H. Syamsuddin, S.Pd


"untuk Joti sudah tidak diragukan, kak Rahmat sebagai pengelola stasiun akan memberikan pengetahuan dan membimbing adik-adik cara berinternet, sedangkan Jota narasumbernya dari ORARI yang memberikan bimbingan bagaimana cara berkomunikasi melalui udara dengan baik" lanjut kak Selamat.


Diwaktu yang sama kak H. Syamsuddin selaku Ketua ORARI lokal Kepulauan Meranti menjelaskan bahwa kegiatan JOTA YH5NKJ menggunakan saluran udara dengan Radio High Frequency (HF) jangkauannya hingga keluar negeri.


"Jika ada peserta yang bisa berbahasa inggris dengan baik akan diprioritasnya untuk bisa berkomunikasi dengan radio antar negara" ucap kak Syamsuddin

Stasiun ORARI YH5NKJ Kwarcab Kepulauan Meranti mengudara oleh Irman, SE


Sementara itu, Ketua Harian Mabida Riau kak Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si menyampaikan cepatnya teknologi berkembang dengan revolusi industri 5.0 dengan teknologi AI, Hologram maka Gerakan Pramuka harus bisa mengadopsi model-model teknologi tersebut kedepan.


"untuk bisa bersaing tentu Pramuka harus mempunyai intelektual yang tinggi dan didukung dengan Gizi yang baik agar menunjang kesehatan dan daya pikir "ungkap kak Masrul.


"dengan kegiatan ini akan banyak lagi kemampuan dilatih, berkomunikasi, semakin banyak kemampuan bahasa yang kita miliki maka semakin luas kemampuan kita untuk mengadopsi teknologi yang cepat berkembang" lanjut kak Masrul.



Diakhir sambutannya kak Masrul menyampaikan bahwa berjota-joti kuncinya memanfaatkan informasi, siapa yang menguasai informasi maka akan mengusai dunia dan Pramuka adalah pembawa berita-berita gembira dan agen-agen perubahan menuju kehebatan.


Penulis : kak Khoirudin

Editor : kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »