BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Kwarda Riau Kirim Lima Pelatih Pembina Pramuka Ikuti ToT di Cibubur

Lima orang Pelatih Pembina Pramuka Kwarda Riau ikuti ToT Pelatih Pembina Pramuka se-Indonesia di Cibubur, Jakarta Timur



www.kwardariau.or.id, Cibubur, Jakarta Timur – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau mengirimkan lima Pelatih Pembina Pramuka untuk mengikuti Training of Trainers (ToT) Pelatih Pembina Pramuka se-Indonesia tanggal 20 s.d 25 November 2023 di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti 106 orang utusan Kwarda se-Indonesia dan Kwarnas.


Kelima orang tersebut adalah Kepala Pusdiklatda Riau diwakili oleh Sekretaris kak Herry Syahrial, kemudian Kak Dr Desrir Miftah SE Ak MM, kak Irwan Yuliadi SIP MM, kak Susi Indrayani SAg dan kak Efendi S.PdI.


Ketua Kwarnas kak Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso dalam sambutannya pada pembukaan ToT yang dibacakan Sekretaris Jenderal kak Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar SIP MAP menyampaikan bahwa maksud diadakannya ToT adalah untuk meningkatkan mutu pengelolaan organisasi serta pengelolaan pendidikan dan pelatihan baik di Kwartir maupun di Gugusdepan.

Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka kak Yana Suptiana MPd menyerahkan Tunggul Latihan kepada Pemimpin ToT Pelatih Pembina Pramuka se-Indonesia kak Drs Widhya Sukma pada pembukaan kegiatan beberapa waktu yang lalu


“Tujuannya adalah agar kakak-kakak dapat memahami peran, tugas, tanggung jawab dan fungsi pelatihan dengan sebaik mungkin. Di samping itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah bekal dan wawasan kakak-kakak,” kata Kak Bachtiar.


Ia menjelaskan bahwa hal ini terkait dengan peningkatan kualitas seorang Pelatih Pembina Pramuka yang merupakan ujung tombak pendidikan kepramukaan di Indonesia.


“Melalui kakak-kakak diharapkan dapat dibentuk dan dihasilkan para Pembina Pramuka yang berkualitas, yang pada gilirannya akan mampu pula memberikan pembinaan yang lebih baik kepada para peserta didik mulai dari golongan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak sampai Pandega yang berkualitas sesuai tujuan Gerakan Pramuka,” harapnya.



Ia mengungkapkan, itulah sebabnya dalam ToT kali ini peserta akan mendapatkan pengayaan materi di luar yang biasa diberikan pada kursus-kursus Pembina dan Pelatih Pembina Pramuka. Materi yang dibagikan telah disesuaikan dengan perkembangan zaman yang melaju dengan begitu cepatnya.


“Tentunya hal ini harus terus kita ikuti dan sesuaikan, agar Gerakan Pramuka tidak ketinggalan zaman namun tetap patuh pada Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka,” sebutnya.


Lebih lanjut beliau mengharapkan agar peserta mengikuti materi yang diberikan dengan sungguh-sungguh, tentunya dengan tidak meninggalkan metode pendidikan kepramukaan yang antara lain dilaksanakan dengan belajar sambil melakukan, serta dalam suasana persaudaraan di antara sesama anggota Gerakan Pramuka.

Sambutan Ketua Kwarnas diwakili oleh Sekretaris Jenderal kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S.IP.,M.AP sekaligus membuka ToT Pelatih Pembina Pramuka se-Indonesia Tahun 2023


“Mari kita manfaatkan kegiatan ini untuk saling bertukar pengalaman, juga saling berbagi ilmu dan wawasan. Dengan demikian, akan semakin bertambah pengetahuan kita, dan pengetahuan tersebut diharapkan dapat disebarluaskan di daerah kakak masing-masing,” ajaknya.


“Saya ucapkan selamat melaksanakan ToT, semoga dalam ToT ini dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi kakak-kakak sehingga menjadi Pelatih Pembina Pramuka yang dapat diteladani oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka,” ucapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara ToT kak Yana Suptiana MPd melaporkan peserta yang mengikuti ToT berjumlah 106 orang terdiri dari 67 putra dan 39 putri yang merupakan utusan Kwarda se-Indonesia dan Kwarnas.

Sesi foto bersama peserta ToT Pelatih Pembina Pramuka se-Indonesia Tahun 2023


Materi ToT terdiri upacara pembukaan, orientasi dan dinamika kelompok, kebijakan manajemen pelatihan, kebijakan pembinaan anggota dewasa, kebijakan pembinaan anggota muda, digitalisasi, sosial media dan public speaking, point of you, pendidikan dan pelatihan instruktur muda, variasi menyajikan materi, teknik merancang kegiatan outdoor, teknik penyusunan desain pelatihan, manajemen risiko dan perlindungan anggota Pramuka, penjelajahan, open forum, rencana tindak lanjut dan upacara penutupan.  


Penulis : kak Irwan Yuliadi

Editor : kak Sri Lestari




« PREV
NEXT »