BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Mabida Riau laksanakan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kepulauan Meranti

 

Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka Riau diwakili Anggota Mabida Harian kak Irwan Yuliadi SIP MM menyampaikan sambutan pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kepulauan Meranti di MTs Raudhatul Hidayah Desa Batang Malas Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu, 23/12/2023

kwardariau.or.id, Tebing Tinggi Barat - Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau melalui Mabida Harian melaksanakan pembinaan dan pembimbingan kepada Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kepulauan Meranti pada Sabtu, 23/12/2023 bertempat di Gugusdepan 05-037 dan 05-038 pangkalan MTs Raudhatul Hidayah Desa Batang Malas Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. 


Pada kesempatan ini juga dilaksanakan monitoring dan evaluasi oleh Kwarda Riau. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Mabida Gerakan Pramuka Riau kak H Amrin Am SH, kak Irwan Yuliadi SIP MM, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota muda (Binamuda) kak Jon Haril SPd MPd, Sekretaris bidang Binamuda kak Rasul Pratama Mulia, Ketua Kwarcab kak Hj Ismiatun SE bersama Pengurus Kwarcab, Ketua Kwarran Tebing Tinggi Barat kak Muhammad Khusni SAg MPdI, Kepala Desa Batang Malas kak Rohman, Kepala MTs Raudhatul Hidayah kak Mukhlasin, perwakilan Kwarran, perwakilan Mabigus, Pramuka Penegak dan undangan lainnya.

Sesi foto bersama usai kegiatan pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab Kepulauan Meranti di MTs Raudhatul Hidayah Desa Batang Malas Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu, 23/12/2023


Ketua Kwarran Tebing Tinggi Barat kak Muhammad Khusni mengucapkan selamat datang kepada Mabida dan rombongan.


"Selamat datang kami ucapkan kepada Mabida dan rombongan di Tebing Tinggi Barat" kata kak Khusni.


"Ini merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi Tebing Tinggi Barat mendapatkan kunjungan dari Mabida, Kwarda dan Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti dalam agenda monitoring dan evaluasi tentunya untuk meningkatkan kemajuan Gerakan Pramuka" tambah Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti ini.

Sambutan Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti kak Hj Ismiatun SE pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan Mabida Riau kepada Mabicab dan Kwarcab Kepulauan Meranti


"dengan adanya monitoring dan evaluasi ini kiranya Mabida dan Kwarda dapat memberikan arahan, bimbingan dan evaluasi agar Gerakan Pramuka menjadi lebih baik" harapnya.


"Perlu sinergitas, kolaborasi dan harmonisasi dalam membentuk Pramuka yang berkarakter, tangguh dan profesional" ujarnya.


Selanjutnya Kepala MTs Raudhatul Hidayah yang juga Ketua Mabigus 05-037 dan 05-038 kak Mukhlasin dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Mabida dan rombongan.

Sambutan Kepala MTs Raudhatul Hidayah yang juga Ketua Mabigus kak Mukhlasin pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan Mabida Riau kepada Mabicab dan Kwarcab Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu


"Selamat datang kami ucapkan kepada Mabida dan rombongan. Mudah-mudahan silaturahmi ini menambah keakraban" kata kak Mukhlasin.


"kami berharap kehadiran Kakak-kakak di tempat kami, memberikan arti yang cukup besar untuk kemajuan Gerakan Pramuka khususnya di Gugusdepan 05-037 dan 05-038 pangkalan MTs Raudhatul Hidayah" tambahnya.


Kak Mukhlasin menjelaskan sejarah berdirinya sekolah Raudhatul Hidayah yang dimulai semenjak tahun 1958 dan berbagai prestasi yang diraih oleh Pramuka MTs Raudhatul Hidayah diantaranya mengikuti Lomba Tingkat III (Cabang), Lomba Tingkat IV (Daerah), Jambore Nasional dan giat lainnya.

Sambutan Ketua Kwarran Tebing Tinggi Barat kak Muhammad Khusni SAg MPdI pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan Mabida Riau kepada Mabicab dan Kwarcab Kepulauan Meranti beberapa waktu yang lalu


Sementara itu Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti kak Hj Ismiatun SE menyampaikan ucapan selamat datang kepada Mabida dan rombongan serta menyampaikan salam dari Plt Bupati selaku Ketua Mabicab yang tidak bisa hadir pada kegiatan ini.


Lebih lanjut Kak Ismiatun menjelaskan tentang program kerja yang telah dilaksanakan oleh Kwarcab Kepulauan Meranti di tahun 2023 dan perlu dilakukan evaluasi dan menerima saran dari berbagai pihak untuk tahun 2024.


"Jujur dan terbuka dari seluruh pihak menuju perbaikan program di 2024 dan ini tentunya meningkatkan semangat dan hal yang positif. Tahun 2024 memberikan semangat baru" kata kak Ismiatun.


"Terimakasih kami ucapkan kepada Plt Bupati yang telah membantu moril dan materil serta kepada semua pihak" tambahnya.


Kak Irwan Yuliadi mewakili Ketua Harian Mabida Riau menyampaikan salam dari Ketua Harian kak Masrul Kasmy yang tidak bisa hadir pada kesempatan ini dan selanjutnya menyampaikan beberapa hal dan arahan Mabida Riau.


Ia mengingatkan kembali tentang tugas pokok Gerakan Pramuka yakni menyelenggarakan pendidikan kepramukaan untuk menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.


"Untuk itu diperlukan sinergitas dari berbagai komponen di Gerakan Pramuka, baik Mabi, Kwartir, Gudep, dan Saka" kata kak Irwan.


"Kwartir mulai dari Nasional hingga ranting adalah penggerak organisasi Gerakan Pramuka sedangkan Gudep pelaksana pendidikan kepramukaan" tambahnya.


"Intinya adalah bagaimana proses penyelenggaraan pendidikan kepramukaan berjalan dengan baik, bagaimana kualitas pembinanya, program latihannya dan bagaimana proses peserta didik mencapai tanda kecakapan umum (TKU), tanda kecakapan khusus (TKK) hingga Pramuka Garuda" jelas kak Irwan yang juga merupakan seorang Pembina Pramuka.


"Bila kualitas dan kuantitas Pembinanya kurang tentu perlu perekrutan dan Diklat oleh Kwarcab. Bila sarana prasarana, keuangan di Gudep kurang perlu diperhatikan oleh Ketua Mabigus" tambahnya.


"Kwarcab dan Kwarran bila membuat kegiatan-kegiatan bagi peserta didik harap memperhatikan dan mewajibkan kepada seluruh peserta sudah mencapai tanda kecakapan umum (TKU)" ujarnya.


Pada kesempatan ini juga, kak Irwan Yuliadi menginformasikan bahwa Gubernur Riau selaku Ketua Mabida telah mengeluarkan surat edaran nomor 428/Mabida/14313 tentang 

Gugus depan yang berpangkalan SMA/SMK/MA dan SLB se-Provinsi Riau dengan harapan Gugus depan yang berpangkalan di satuan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan terlaksananya pendidikan kepramukaan dengan baik.


Penulis : kak Khoirudin

« PREV
NEXT »