BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Peringati Rengat Berdarah, Pramuka Penegak Inhu Ikuti Lomba Juang Napak Tilas

 

Pelepasan peserta lomba juang napak tilas oleh Sekdakab Indragiri Hulu Kak H Hendrizal MSi didampingi Kak Rusli Zainal dan Kak Yopi Arianto


kwardariau.or.id, Rengat - Untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah "Rengat Berdarah" yang terjadi di 5 Januari 1949 lalu, sebanyak 5 tim dari pramuka penegak Indragiri Hulu (Inhu) mengikuti lomba juang lintas alam yang ditaja Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan bertajuk Lomba Juang Napak Tilas dibuka Bupati Indragiri Hulu diwakili Sekretaris Daerah kak H Hendrizal MSi di halaman kantor bupati, Rabu  (03/01/2024) malam. 


Lima tim tersebut berasal dari DKR Rengat Barat sebanyak 3 tim, DKR Pasir Penyu sebanyak 1 tim, dan DKR Kelayang 1 tim. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu kak H Hendrizal MSi mewakili Bupati Inhu memberikan sambutan pada pelepasan lomba juang napak tilas


Dalam amanatnya Bupati Indragiri Hulu menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan menghargai atas jasa  para pahlawan yang gugur pada peristiwa 5 Januari 1949.


Lomba juang napak tilas akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 26 kilometer. Rute yang akan dilalui adalah start di halaman kantor Bupati Indragiri Hulu menuju ke arah Desa Pekan Heran, lalu dilanjutkan menyusuri daerah aliran sungai dan finish di tugu 5 Januari, Rengat. 

Tim Pramuka Penegak Putri dengan nomor dada 006 sangat semangat mengikuti napak tilas ketika melintas di tugu Simpang Patin Pematang Reba.


Tim pramuka penegak Indragiri Hulu yang dipimpin Alvin Setiawan berhasil menyelesaikan  lomba di garis finis pada Kamis pukul 05.02 WIB. 


" Ini pengalaman yang luar biasa kami dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan semoga kami sebagai generasi muda dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa bersejarah 5 Januari," ungkap Alvin. 


Penulis : kak Warsito

Editor : kak Sri Lestari


Tim Putra berhasil finis di tugu peringatan 5 Januari di Kota Rengat dengan selamat.


« PREV
NEXT »