BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

542 Anggota Pramuka ikuti Kemah Wilayah III Sako SIT Riau

 

Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau kak Zulkifli Syukur didampingi Ketua Kwarda kak Kasiarudin memasangkan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta sebagai tanda dibukanya Kemah Ukhuwah Wilayah III JSIT Indonesia Wilayah Riau di Alam Mayang Pekanbaru, Selasa, 30/1/2024

kwardariau.or.id, Pekanbaru - Sebanyak 542 anggota Pramuka yang tergabung dalam Satuan Komunitas (Sako) Sekolah Islam Terpadu (SIT) Wilayah Riau mengikuti Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) III Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Riau yang digelar tanggal 29 Januari s.d 1 Februari 2024 bertempat di Bumi Perkemahan Alam Mayang.


Ketua Panitia Kemwil III kak M Taufik Asril SPd menyampaikan 542 anggota Pramuka tersebut merupakan Pramuka Penggalang putra dan putri dari pangkalan SD dan SMP  Kabupaten/Kota se-Riau.

Ketua Kwarda bersama Asisten I Setda Provinsi Riau diwawancarai oleh Panitia Kemah Ukhuwah Wilayah III JSIT Indonesia Wilayah Riau


"Jumlah Pramuka Penggalang dari SD sebanyak 129 putra, 115 putri sedangkan dari SMP sebanyak 130 putra, 168 putri. Total 542. Berasal dari 8 Kabupaten/Kota yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kampar, Siak, Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu" kata kak Taufik.


"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasa Darma Pramuka" tambahnya.


"Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sekolah yang tergabung dalam JSIT Wilayah Riau" ucapnya.

Ketua Kwarda kak Kasiarudin memasangkan tanda peserta kepada perwakilan peserta pada pembukaan Kemah Ukhuwah Wilayah III JSIT Indonesia Wilayah Riau


Lebih lanjut ia menjelaskan jenis-jenis kegiatan yang dilaksanakan selama  Kemwil III.


Kegiatan terdiri dari Scouting Skill (menaksir, kompas, tali temali, PBB Stok dan isyarat), Scouting Adventure (Tim Work, Code Access, Buldozer, Estafet Air, Panahan), Expo, Seni Budaya (Tari, Adat, Makanan dan Minuman khas Riau), Up Grading Pembina, Pentas Seni Pramuka, Expo Pionering dan Expo Handmade (hastakarya).


Gubernur Riau diwakili Asisten I kak Zulkifli Syukur SAg MA MSi saat membuka kegiatan berpesan kepada peserta untuk menjaga perilaku dan menaati aturan yang berlaku.

Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau kak Zulkifli Syukur menjadi pembina Upacara sekaligus membuka Kemah Ukhuwah Wilayah III JSIT Indonesia Wilayah Riau di Bumi Perkemahan Alam Mayang Pekanbaru, Selasa, 30/1/2024


“Manfaatkan kegiatan positif ini sebaik-baiknya. Karena banyak sekali ilmu dan manfaat yang didapat bila sungguh-sungguh,” kata kak Zulkifli.


Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa, kegiatan pramuka tak hanya sebagai wadah untuk mengasah keterampilan fisik saja. Lebih dari itu, pramuka juga berperan dalam membentuk karakter kepemimpinan para siswa.


“Gerakan pramuka menanamkan jiwa dan semangat peduli terhadap sesama dan alam sekitar. Sebagaimana tercantum dalam kode kehormatan satya dan darma pramuka,” ujarnya.

 

Peserta Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) III JSIT Indonesia Wilayah Riau Tahun 2024

Sementara itu untuk kakak-kakak pembina pramuka, kak Zulkifli berharap agar mereka dapat mendidik dan membina generasi muda Riau yang beriman, bertaqwa dan memiliki moral pancasila yang sehat jasmani dan rohani.


“Saya berharap kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan diantara kita semua,” tutup mantan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau ini.


Sementara itu, Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin SH menyampaikan Selamat atas terselenggaranya Kemah Ukhuwah Wilayah III Sako SIT Riau.

Pengibaran bendera kegiatan Kemah Ukhuwah Wilayah III JSIT Indonesia Wilayah Riau


"Selaku Pengurus Kwarda, kami senantiasa berusaha memfasilitasi, melayani dan membantu serta mengkomunikasikan kepada berbagai pihak agar pendidikan karakter anak-anak kita melalui Gerakan Pramuka dapat berjalan" kata kak Kasiarudin.


Beliau mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah tahun 2025 dan 2045.


"Adik-adik inilah, anak-anak Pramuka. Insya Allah memegang estafet kepemimpinan" ucapnya.


"Pramuka Hebat, Pramuka Berkarakter, Pramuka mampu menjadi pemimpin untuk generasi yang akan datang" ujarnya.


Pelaksana Upacara pada pembukaan Kemwil III Riau adalah pasukan Garuda dari pangkalan MTs Al Ittihad Rumbai Pekanbaru.


Pembukaan kegiatan ditandai dengan penaikan bendera kegiatan, pemasangan tanda peserta dan memanah balon serta diakhiri penampilan atraksi Pramuka.


Hadir pada saat pembukaan Sekretaris Kwarda kak Indra Irianto SH, Ketua Pembina JSIT Riau kak KH Muhammad Mursyid MPd, Andalan Kwarda (kak Sondang Saribumi, kak Harubeni Maria, kak Elly Agustina), Ketua JSIT Wilayah Riau kak Zumri SPdI, Ketua Pinsakoda SIT Wilayah Riau kak Jumakri SPdI MPd dan undangan lainnya.


Penulis : kak Irwan Yuliadi 

« PREV
NEXT »