BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ikuti KPN 2023 di Cibubur, Kak Nurjamliah Tak Kendor Menggali Ilmu

 

Kak Nur Jamliah SPd MPd, peserta Karang Pamitran Nasional 2023 dari Kwarcab Siak Kwarda Riau

kwardariau.or.id, Pekanbaru - Usia tak menggerus semangat Kak Nurjamliah SPd MPd untuk terus menggali potensi dirinya khususnya di jalur Gerakan Pramuka. Di usianya yang memasuki 55 tahun, Pembina Penggalang dari Kwarcab Siak, Riau ini ingin terus mendarmakan baktinya untuk kemajuan Gerakan Pramuka di Bumi Lancang Kuning. 


Pembina di Gugusdepan Siak 04-040 Pangkalan SMP Negeri 1 Tualang ini adalah salah satu Pembina Pramuka di Riau yang ambil bagian dalam kegiatan Karang Pamitran Nasional di Cibubur, Jakarta Timur, 3-8 Juli 2023. "Motivasi saya adalah bagaimana Pramuka Riau bisa menunjukkan eksistensi di tingkat nasional. Selain itu, keberadaan saya di Karang Pamitran Nasional juga untuk meng-upgrade ilmu. Karena bagi saya, pengetahuan itu harus terus digali dan diperbaharui. Jangan cepat merasa puas. Seorang Pembina Pramuka harus terus mengikuti perkembangan kepramukaan dan terus menggali ilmu karena tidak ada batasan usia dalam menuntut ilmu," kata perempuan yang senantiasa bertutur kata halus ini. 


Kak Nurjamliah boleh dikatakan sudah tunak di Gerakan Pramuka. Wanita kelahiran Suka Mulia, 5 Maret 1968 ini aktif sebagai Pembina Pramuka sejak tahun  1990. 


Sejak masih SD hingga saat ini Kak Nurjamliah senang mengikuti kegiatan kepramukaan. "Bagi saya menjadi Pramuka merupakan cinta kedua selain suami dan keluarga," katanya. 


Tak sekadar cinta Pramuka, Kak Nurjamliah juga tergolong berhasil mengaplikasikan ilmu kepramukaan secara nyata. Berkat tanggung jawab yang tinggi serta kegigihannya bersama rekan-rekan sesama Pembina dan Kamabigus di pangkalan Gudep 04-040 SMP Negeri 1 Tualang, telah menorehkan berbagai prestasi. 


Prestasi yang telah diukir di tahun 2023 ini adalah Regu Sakura dari Gugusdepan yang dibinanya meraih Prestasi Tinggi di Lomba Tingkat Penggalang IV (LT IV) Kwarda Riau tahun 2023, sehingga mengantongi tiket untuk mewakili Kwarda Riau di kancah Nasional pada Lomba Tingkat Penggalang V (LT V) Juni 2023 lalu. 


Di kegiatan lima tahunan ini anak asuhnya mampu meraih regu berprestasi cukup putri (peringat 3) tingkat Nasional dan raih regu berprestasi tinggi putri (peringkat 1) regional 1 (wilayah Sumatera). Hasil tersebut memecahkan rekor yang pernah diraih oleh peserta LT V Kwarda Riau sebelumnya.


Tak bisa dinavikan, prestasi yang diraih pastinya tidak lepas dari peran serta seorang pembina yang selalu memotivasi dan mengarahkan bagaimana peserta didik mampu melakukan latihan dan menguasai teknik kepramukaan dengan baik. "Seorang Pembina Pramuka dalam memajukan gugusdepan, harus mampu menurunkan ego dan mengutamakan kerja sama, karena tidak ada hal baik yang dapat dicapai tanpa bekerja sama dengan seluruh pihak di Gugusdepan dan lingkungan," ungkapnya.


Yang pasti, diakuinya dirinya akan terus berkontribusi untuk mengembangkan Gerakan Pramuka di Riau. "Insya Allah saya akan terus memberikan sumbangsih untuk kemajuan Pramuka di Riau selagi raga ini sehat," tuturnya. (*)


Penulis : Kak Naiva 

Editor : Kak Sri Lestari 

« PREV
NEXT »