BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Peserta Pertikawan Regional Sumatera 2023 Konda Riau Resmi Dilepas Gubernur Riau

 

Gubernur Riau diwakili Asisten I bidang pemerintahan dan kesra kak Drs H Masrul Kasmy MSi memasangkan tanjak kepada perwakilan peserta Pertikawan Regional Sumatera kontingen daerah Riau di teras Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Riau, Jum'at, 15/9/2023

kwardariau.or.id, Pekanbaru - Asisten I Setdaprov Riau mewakili Gubernur Riau, kak Masrul Kasmy resmi melepas keberangkatan kontingen daerah Riau mengikuti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Tingkat Regional Sumatera 2023 yang dilaksanakan di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Merangin dan Geopark Merangin Provinsi Jambi. 


Pelepasan kontingen daerah Riau ini dilaksanakan di teras Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (15/9/2023) sore. 


Asisten I Setdaprov Riau kak Masrul Kasmy dalam sambutannya berpesan agar kontingen daerah Riau senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan, sebutnya, merupakan suatu hal yang penting dan musti dijadikan sebuah kebiasaan.

Foto bersama setelah acara melepas kontingen daerah Riau mengikuti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti Regional Sumatera Tahun 2023


"Kita harus ubah perilaku-perilaku yang tidak sehat yang hanya membuat lingkungan kita menjadi kotor, kita ubah kepada kebiasaan yang senantiasa bersih dan sehat yang sesuai dengan Dasa Darma Pramuka ke 2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia," pesannya. 


Ketua Harian Mabida Riau itu mengungkapkan bahwa kalau sudah terbentuk seperti ini, maka kebiasaan itu akan tertanam dimanapun berada dan akan menjadi inovator terhadap upaya membersihkan lingkungan. 


"Dari hasil pertemuannya bersama Konsulat Jenderal (Konjen) RI Johor, survei membuktikan bahwa wisatawan Malaysia memilih destinasi wisata di daerah-daerah yang terkenal dengan kebersihan lingkungannya," ujarnya.  

Sambutan Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau Kak Masrul Kasmy sekaligus melepas kontingen Pertikawan Kwarda Riau


Menurut kak Masrul, ternyata kebersihan lingkungan itu menjadi modal kita untuk membangun kematangan, membangun jati diri dan itu menjadi kebiasaan. Sebagaimana juga baginda kita Rasulullah SAW adalah orang yang selalu mengajarkan untuk berperilaku bersih.


"Maka, hal tersebut menjadi pedoman bagi kita untuk dijadikan contoh bagi masyarakat," ujarnya. 


Pada kesempatan pelepasan peserta Pertikawan itu, ia berharap kontingen daerah Riau dapat memanfaatkan momentum kegiatan tersebut untuk banyak meraih momen bahagia. 

Laporan Ketua Pinkonda Riau Nahwan Adip Marion


"Jaga nama baik Kwarda 04 Riau karena Kwarda kita ini adalah kwarda yang keren dan beken," pesannya. 


"Mari sama-sama kita gembirakan Gerakan Pramuka ini dengan suasana yang ceria, tetap berprestasi, jaga kesehatan. Semoga dalam keberangkatan hingga pulangnya nanti diberi keselamatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT," pesannya.


"Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kami lepas peserta Pertikawan Regional Sumatera Kontingen Daerah Riau dan kami mengucapkan selamat jalan dan selamat mengikuti kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Regional," ucap kak Masrul.

Gubernur Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau Kak Masrul Kasmy memasangkan rompi secara simbolis kepada perwakilan peserta Pertikawan Regional Sumatera Konda Riau


"Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi niat baik dan usaha kita bersama," tutupnya. 


Pinkonda Pertikawan Regional Sumatera 2023 Konda Riau, Nahwan Adip Marion mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia gerakan pramuka terkhusus bagi pramuka penegak dan pandega. 


"Kegiatan Pertikawan Regional Sumatera ini dilaksanakan dari tanggal 17 September 2023 hingga 22 September 2023 di Geopark Kerinci, Jambi," katanya. 


Ia menyampaikan jumlah kontingen daerah Riau adalah 53 orang terdiri dari Pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru 2 orang, Pembina Pendamping 2 orang, Pamong Saka 5 orang, Pimpinan Kontingen Daerah 2 orang dan peserta 42 orang yang berasal dari Pekanbaru 9 orang, Siak 16 orang, Rokan Hulu 1 orang dan Pelalawan 16 orang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Kak Boby Rachmat memasangkan selempang kepada perwakilan peserta Pertikawan Regional Sumatera Konda Riau Zahro


Ia juga mengungkapkan kegiatan apa saja yang dilaksanakan selama kegiatan Pertikawan Regional Sumatera yang terbagi 7 jenis kegiatan yakni Giat Penegak dan Pandega, Giat Prestasi, Giat Gladian Pimpinan Saka, Giat Bakti, Giat Umum, Giat Wisata Rekreasi dan Edukasi dan Giat unsur Kontingen.


"semoga Kontingen Daerah Riau dapat menjaga nama baik Riau dan mengikuti kegiatan Pertikawan Regional Sumatera Tahun 2023 dengan baik, serta dapat memberikan citra terbaik kepada masyarakat dan Gerakan Pramuka. Selanjutnya kami mohon kesediaan Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Riau Kakak Drs H Masrul Kasymi, M.Si untuk melepas Kontingen secara resmi" tutup Nahwan.


Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemasangan tanjak dan rompi kepada 2 orang perwakilan peserta Pertikawan Regional Sumatera 2023 Konda Riau.


Hadir pada acara melepas kontingen Kadispora Riau yang juga Sekretaris Mabida Riau kak Boby Rachmat, Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin SH, Anggota Mabida Harian kak Amrin Am, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau dan P3ES Regional Sumatera, Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Riau kak Helfandi, Sekretaris Bidang Binamuda kak Rasul Pratama Mulia, Andalan Daerah kak Harubeni Maria, kak Deny Rendra, Waka Kwarcab Siak bidang Abdimasgana LH kak Jon Efendi, pamong saka, Pengurus DKD Riau dan undangan lainnya.

 

Pewarta: kak Rasid Ahmad

Editor: kak Irwan Yuliadi

« PREV
NEXT »