BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Kwarcab Gerakan Pramuka Kampar Gelar TOT dan Rekrutmen Pelatih Pembina

 

Ketua Kwarcab Kampar kak Ir Aliman Makmur MSi PhD saat memberikan sambutan sekaligus membuka Training of Trainers (ToT) Pelatih Pusdiklatcab Kampar Tahun 2023

kwardariau.or.id, Bangkinang - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kampar menggelar Training of Trainers (ToT) dan rekrutmen Pelatih Pembina Pramuka, 30 September 2023 hingga 1 Oktober 2023. Kegiatan ini dibuka Ketua Kwarcab Kampar, kak Ir Aliman Makmur MSi PhD. 


Kak Aliman Makmur dalam sambutannya mengatakan bahwa ToT yang diselenggarakan ini merupakan langkah awal mengumpulkan para pelatih pembina se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  Kampar.  "Sebagai upaya menciptakan para pelatih dan pembina yang kreatif, inovatif serta mempunyai kemampuan mengelola pendidikan Gerakan Pramuka. Terutama di tengah-tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang menjadi tantangan dalam pembinaan generasi muda, " ujarnya. 


Dirinya yakin dengan kemampuan dan kecakapan peserta yang mengikuti ToT ini, dapat memberikan nuansa serta rasa kenyamanan bagi calon pembina Pramuka dan pembina yang berlatih dan berkegiatan kepramukaan di daerah masing-masing. 


Ditegaskan, ToT ini juga sebagai alat bagi para Pelatih dan pembina pramuka untuk mengembangkan potensinya. Sehingga bisa meningkatkan mutu penyelenggaraan program kegiatan peserta didik yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan perkembangan masyarakat dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara efektif.


Hal ini sejalan dengan tujuan Gerakan Pramuka, yaitu membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia. Kemudian berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani.



"Terima kasih kepada Pusdiklatcab dan kakak-kakak pelatih yang telah menyelenggarakan ToT ini secara mandiri dan berharap para Pelatih dapat menambah pengalaman. Kakak-kakak dapat menambah pengetahuan dan pengalaman. Sehingga bisa mengembangkan kepramukaan di tingkat Cabang hingga ke kwartir ranting. Untuk itu melalui kegiatan seperti ini, tentu nantinya adanya inovasi kepramukaan dan pengembangannya," tuturnya. 


Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kwarda Riau yang telah mengutus pelatih terbaiknya kak M Kasir dan kak Edy Aldrin. "Berikan ilmu kepada pelatih kami, agar pelatih kami mampu melatih pada KMD ataupun KML nantinya," pintanya. 


Pada hari yang sama Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kampar juga melakukan rekrutmen pelatih tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan pelatih yang tergabung dalam Pelatih Datuk Tabano Pusdiklatcab Gerakan pramuka Kampar.


Dari pelatih yang direkrut akan dibentuk kelompok-kelompok atau tim yang  dinamakan dengan  Tim 1, 2 dan seterusnya. Satu tim terdiri dari 10-12 orang yang terdiri dari sebagi pemimpin kursus (pimsus), sekretaris, pemateri dan pelatih pendamping selama kursus berlangsung. Mengenai aturan tim mana yang akan diturunkan jika ada KMD atau KML nantinya akan diatur dan didiskusikan pada rapat pengurus pusdiklatcab dan tim pelatih hasil rekrutmen.


Sebelumnya pada laporan dari ketua panitia kak Rosmita MPd menyampaikan bahwa ToT ini dilaksanakan  untuk mengumpulkan para pelatih yang berada di Kwartir Ranting se-Kampar, membentuk tim pelatih Datuk Tabano Pusdiklatcab Kampar yang akan turun pada saat ada KMD dan KML baik yang dilaksanakan secara mandiri ataupun yang diadakan oleh kwartir cabang Kampar sendiri.


Lebih lanjut kak Rosmita menjelaskan dari 52 orang pelatih yang terdata di kwarcab Kampar hanya 27 orang yang mengikuti TkT ini.

ToT dilaksanakan di Buper SMAN 1 Bangkinang Jalan Bendungan Uwai Kelurahan Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. ToT berakhir Minggu (1/10/2023) ditutup Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kampar yang diwakili Sekretaris II kak Zafri SKom. (*)


Penulis : kak Fahrizal

Editor : kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »