BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Ketua Kwarda Riau Buka Rakercab Gerakan Pramuka Pekanbaru

 

Sambutan Ketua Kwarda Riau H Kasiarudin SH pada pembukaan Rakercab Gerakan Pramuka Pekanbaru di Hotel Winstar Pekanbaru, Sabtu (9/12/2023)


kwardariau or.id, Pekanbaru - Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Pekanbaru dibuka Ketua Kwartir Daerah Riau kak H Kasiarudin SH, Sabtu (9/12/2023) di Hotel Winstar Pekanbaru, Riau. 


Asisten I Setda Kota Pekanbaru kak Masykur Tarmizi SSTP MSi mewakili Pj Walikota Pekanbaru yang hadir pada Rakercab tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan pokok Gerakan Pramuka maka diperlukan forum bagi kwartir untuk membahas dan evaluasi serta merencanakan program kerja dalam sebuah forum seperti Rapat Kerja yang kita laksanakan pada hari ini. 


"Rapat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pekanbaru tahun 2023 merupakan pelaksanaan dari amanat musyawarah Gerakan Pramuka Pekanbaru tahun 2020 dan sebagaimana juga yang diatur dalam AD/ART dan petunjuk petunjuk penyelenggaraan Gerakan Pramuka," katanya. 



Kak Masykur menjelaskan tujuan dilaksanakannya Rakercab Gerakan Pramuka Pekanbaru tahun 2023 ini adalah untuk mendengarkan dan sekaligus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja Kwartir Gerakan Pramuka Pekanbaru 2023 dan menyusun program kerja yang akan kita laksanakan di tahun 2024 mendatang. 


"Sebelum dilaksanakannya Rakercab ini adik-adik Dewan Kerja Cabang bersama dengan Dewan Kerja Ranting se-Pekanbaru juga telah melaksanakan sidang paripurna Pramuka Penegak dan Pandega yang hasilnya nanti akan kita sinkronkan dan sinergikan dengan kegiatan atau pun pembahasan dalam Rakercab ini," jelasnya. 



Asisten I Setdako ini melaporkan bahwa hingga saat ini di 15 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru telah dibentuk dan dilantik kepengurusannya. Kami juga telah melakukan pembenahan organisasi di tingkat Gugus Depan sebagai garda terdepan pembinaan pramuka.


"Kwarcab Gerakan Pramuka Pekanbaru telah memiliki 883 Gugus Depan yang berpangkalan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi," ungkapnya. 


"Pada tahun ini juga kita telah memulai akreditasi Gugus Depan Gerakan Pramuka," ujarnya. 



Menurut kak Masykur, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pekanbaru telah menjadi garda terdepan dalam mendukung kebijakan pemerintah kota pekanbaru khususnya yang terkait dengan pembinaan generasi muda, penanganan bencana dan pelestarian lingkungan hidup. 


"Melalui Forum Rakercab ini mari kita tingkatkan persatuan dan persaudaraan antar sesama anggota Gerakan Pramuka di Pekanbaru ini untuk mewujudkan Gerakan Pramuka yang mandiri, mapan dan profesional," ajaknya. 


"Sehingga Gerakan Pramuka di Kota Pekanbaru dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan kita bersama," tambah Asisten I yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pekanbaru ini. 



Ia juga mengajak bersama-sama menyusun perencanaan yang baik, menetapkan kebijakan-kebijakan yang dirasa mampu dan bisa dilaksanakan. 


"Tunjukkan bahwa kita adalah insan yang patuh dan suka bermusyawarah sebagaimana dasadarma kita," pungkasnya. 


Ketua Kwarda Riau kak Kasiarudin SH dalam sambutannya menyampaikan sampai saat ini Pramuka adalah pendidikan non formal yang terbaik, lengkap, memiliki metode, kurikulum, dan berjenjang. 


"Yang paling penting apa pun yang kita lakukan tuntutan rentetan dalam kegiatan pramuka ini semata-mata untuk mencapai mendidik peserta didik kita untuk menjadi manusia berkarakter," kata kak Kasiarudin. 


Menurut mantan Ketua Kwarcab Kota Dumai ini, Rapat kerja ini dalam rangka mengevaluasi dan memantapkan program kerja ke depan dalam rangka menjalankan amanat dalam musyawarah setiap jenjang. 


"Kakak - kakak adalah pemberi warna terhadap pendidikan di Republik ini apa yang tidak dilatih dalam Pramuka makanya anak-anak Pramuka itu beda," ujarnya. 

Ketua Kwarda Riau Kasiarudin SH menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada Pemenang I Lomba Gudep Hebat Kwarcab Kota Pekanbaru Tahun 2023 yang diraih oleh Gugus depan 08-001 dan 08-002 Universitas Riau


Pada kesempatan itu ia menyampaikan atas nama pengurus Kwartir berusaha untuk menjembatani, memfasilitasi pengurus di Kwartir Cabang. "Kita berharap rapat kerja ini akan memantapkan program yang sudah direncanakan," harapnya.


Ia mengucapkan selamat rapat kerja cabang Gerakan Pramuka Pekanbaru. "Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahiim Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Pekanbaru tahun 2023 dengan ini resmi kita buka," ucap kak Kasiarudin. 


Kegiatan Rakercab ini diikuti Ketua Kwartir Ranting dan perwakilan DKR se-Pekanbaru. 

Pada momen Pembukaan Rakercab ini dilaksanakan penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Gudep Hebat Tahun 2023. 


Putra

Juara III Gugus Depan 01.061 Pangkalan SMP YKPI Al Ijtihad   

Juara II Gugus Depan 11045 Pangkalan SMPN 34 Pekanbaru 

Juara I Gugus Depan 08.001 Pangkalan Universitas Riau 


Putri

Juara III Gugus Depan 01060 Pangkalan Yayasan Cendana Rumbai

Juara II Gugus Depan 11046 Pangkalan SMPN 34 Pekanbaru 

Juara I Gugus Depan 08.002 Pangkalan Universitas Riau 


Pemenang Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting teraktif di Kwarcab Pekanbaru 


Juara III dengan nilai 310 DKR Binawidya

Juara II dengan nilai 400 DKR Sail

Juara I dengan nilai 1105 DKR Tenayan Raya   


Pewarta: kak Rasid Ahmad

Editor: kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »