BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

Perdana, Mabida Riau kunjungi Mabicab dan Kwarcab Kota Dumai

 

Ketua Harian Mabida Riau kak Masrul Kasmy memberikan arahan pada kegiatan pembinaan dan pembimbingan Mabida Riau ke Mabicab dan Kwarcab Kota Dumai sekaligus pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi Kwarda Riau ke Kwarcab Kota Dumai di Balai Khairul Anwar Kediaman Walikota Dumai, Jum'at, 8/12/2023

kwardariau.or.id, Dumai - Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau melalui Mabida Harian melaksanakan kunjungan perdana ke Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Dumai, Jumat (8/12/2023) di Balai Khairul Anwar, kediaman Walikota Dumai. 


Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan pembinaan dan pembimbingan Mabida Riau ke Mabicab dan Kwarcab se-Riau. Di saat bersamaan juga dilaksanakan monitoring dan evaluasi Kwarda Riau ke Mabicab dan Kwarcab se-Daerah Riau.


Ketua Harian Mabida Riau kak Drs H Masrul Kasmy MSi memimpin langsung kunjungan ini. Beliau didampingi Pb Bendahara Mabida Harian kak Irwan Yuliadi SIP MM dan Staf. Dari Kwarda Riau hadir Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota dewasa kak Mahadar SPd MM, Sekretaris Kwarda kak Indra Irianto SH dan Sekretaris Pusdiklatda Riau kak Herry Syahrial.

Ketua Kwarda diwakili Wakabinawasa kak Mahadar menyampaikan beberapa hal terkait pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka


Rombongan Mabida Harian dan Kwarda disambut langsung Walikota Dumai diwakili Asisten I Setda Kota Dumai bersama Forkompinda Kota Dumai, Pengurus Kwarcab Kota Dumai, Pengurus Kwarran se-Kota Dumai, perwakilan Kamabigus dan undangan lainnya.


Ketua Kwarcab Kota Dumai kak Eko Wardoyo SSos MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kunjungan Mabida dan Kwarda Riau.


"Alhamdulillah kita dapat hadir disini dalam rangka kegiatan pembinaan dan pembimbingan Mabida Riau ke Mabicab dan Kwarcab se-Daerah Riau," kata kak Eko.


Ia yakin kunjungan ini bisa memperkuat Gerakan Pramuka mulai dari Mabicab, Kwartir Cabang sampai ke Kwartir Ranting. Setelah ini dilanjutkan kunjungan ke SDN 004 Mundam Medang Kampai.



"Sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Mabida dalam rangka pembinaan dan pembimbingan kepada Mabicab dan Kwarcab. Kita mengapresiasi atas kunjungan Mabida Riau. Semoga apa yang disampaikan dapat ditindaklanjuti untuk kemajuan Gerakan Pramuka khususnya di Kota Dumai," ujarnya.


Sementara itu Walikota Dumai diwakili Asisten I Setda Kota Dumai Yusrizal SSos MSi menyampaikan kegiatan pembinaan dan pembimbingan ini adalah salah satu program yang sangat strategis bagi pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.


"Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka di Kota Dumai," kata kak Yusrizal


Dia menegaskan, Gerakan Pramuka Kota Dumai selama ini sangat baik dan berkembang. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Dumai mendukung berbagai program untuk membina generasi muda melalui Gerakan Pramuka agar bisa memiliki karakter, mental, keterampilan yang baik, bisa berorganisasi sebagai penerus bangsa.


"Kegiatan Kepramukaan sangat positif, kegiatan sosialnya banyak. Oleh sebab itu, kami sangat mendukung dan terus memacu untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia generasi muda sehingga menjadi generasi yang betul-betul siap dan kompeten menghadapi era globalisasi," ujarnya.


"Pemerintah Kota Dumai sangat mendukung kegiatan ini. Kita harapkan Mabida terus memberikan arahan dan bimbingan sehingga program dari pusat ke daerah bisa berjalan dengan sebaik-baiknya," harapnya.


Selanjutnya dari Kwarda Riau, kak Mahadar SPd MM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang diberikan Mabicab dan Kwarcab Kota Dumai.


"Alhamdulillah, Mabicab dan Kwarcab Kota Dumai adalah yang pertama kali dikunjungi. Terimakasih atas sambutan yang diberikan," kata kak Mahadar.


Setelah arahan dari Mabida Riau akan dilanjutkan kunjungan ke salah satu Gugus depan. "Di sinilah kami akan melihat pola pembinaan yang sudah dilakukan Kwarcab. Kita bisa berdiskusi, berdialog dengan Kamabigus dan para Pembina," sebutnya.


Dia juga mengajak menggiatkan Gerakan Pramuka di Kota Dumai dalam rangka meningkatkan mutu anggota Gerakan Pramuka dan organisasinya baik Kwartir maupun Gudep.


Ketua Harian Mabida Gerakan Pramuka Riau kak Drs H Masrul Kasmy MSi dalam arahannya menyampaikan kegiatan pembinaan dan pembimbingan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan semangat dan motivasi kepada Mabicab dan 👍 Kwarcab.


"Tidak ada keraguan di Gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka jelas diatur di dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka," kata kak Masrul Kasmy.


Gerakan Pramuka disebutkannya harus hidup di tengah-tengah anak-anak bangsa. Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) perlu memberikan bantuan kepada Kwartir Cabang baik moril, material dan finansial dalam membina dan mengembangkan Gerakan Pramuka di daerahnya. 

Karena Kwartir adalah penggeraknya, Kwartir adalah pengelola Gerakan Pramuka dan pelaksanaan pendidikan kepramukaan ada di Gugus depan. Mabi, Kwartir dan Gudep harus bersinergi.


"Sebagai Mabi kita juga perlu turun ke Gugus depan yang berpangkalan di sekolah dan juga jadi Pembina Upacara. Bila perlu, dibuat jadwal rutin terutama di daerah-daerah yang jauh dari kota," ujar mantan Ketua Kwarcab Kepulauan Meranti ini.


Lebih lanjut beliau menyampaikan pentingnya kegiatan Satuan Karya Pramuka (Saka) bagi generasi muda khususnya Pramuka Penegak dan Pandega dan beliau mendorong agar semua Saka aktif di Kota Dumai.


Hadir dalam acara Walikota Dumai diwakili Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Dumai H Yusrizal SSos MSi, Danlanal Dumai diwakili Letda Laut (S) Alfian Hadie, Dandim 0320/Dumai diwakili Kapten Inf Yopi, Kapolres Kota Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, SH SIK MSi, Ka Kwarda Riau diwakili Wakabinawasa kak BBH Mahadar SPd MM, Sekretaris Kwarda Riau kak Indra Irianto SH, Ka Kwarcab Dumai kak Eko Wardoyo SSos MSi, Sekretaris Kwarcab kak Yuston. *


Penulis : kak Irwan Yuliadi 

Editor : kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »