BREAKING NEWS
latest

728x90

header-ad

468x60

header-ad

UNRI Campground Explore se-Riau Diikuti 5 Utusan Kwarcab, Ini Pesan Ka kwarda Riau

Sambutan Ketua Kwarda Riau Kak H Kasiarudin SH pada pembukaan UNRI Campground Explore se-Riau 2023 sekaligus membuka kegiatan.



kwardariau.or.id, Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah Riau kak Kasiarudin SH membuka  UNRI Campground Explore se-Riau tahun 2023 Gugus Depan Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Universitas Riau (Unri) pada Sabtu (25/11/2023) di Bumi Perkemahan Muchtar Luthfi Unri. Kegiatan ini diikuti lima utusan Kwartir Cabang. 


"Ada 5 utusan Kwartir Cabang yang mengikuti kegiatan dan mudah-mudahan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sampai selesai," kata kak Kasiarudin. 


Menurut Ketua Kwarda, kegiatan ini adalah bagian dari percikan banyaknya kegiatan pramuka dan Pramuka. Setiap mengadakan kegiatan di dalamnya itu pasti mengandung unsur pendidikan. 

Pemasangan tanda kepada perwakilan dua orang peserta UNRI Campground Explore Se-Riau 2023 oleh Ketua Kwarda Riau Kasiarudin.


"Jadi pendidikan sampai usia sekarang kita harus terus belajar. Jadi Adik-adik masih usia sekolah dan usia belajar kami yang sudah berumur ini pun masih terus belajar," katanya.


Ia mengatakan di Pramuka punya keistimewaan disamping adik-adik belajar di pendidikan formal dari SD sampai Perguruan Tinggi. Adalagi pendidikan non formal.


"Pramuka khusus untuk melengkapi pendidikan formal dan penyempurna apa yang telah adik-adik terima di pendidikan formal," katanya.

Sambutan Ketua Kwarcab Pekanbaru yang diwakili Wakil Ketua Bidang Binamuda Jacky Nurwandi.


Ia menyebut Kegiatan UNRI Campground ini sambil berkemah dan tadabbur alam mengkaji yang berkaitan dengan alam khususnya di lingkup Unri ini di lingkup Arboretum ini."Yang bagian dari hutan kota," sebutnya. 


Pada kesempatan itu ia mengucapkan terimakasih kepada pihak Universitas Riau yang telah menjaga dan memelihara ini. "Dengan adanya kegiatan explore ini memunculkan keingintahuan pasti ada kreasi dan inovasi," ucapnya.


Kak Kasiarudin mengajak peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik. "Kita berterimakasih kepada Universitas Riau melalui Gugus Depan 08-001 dan 08-002 yang telah mengadakan kegiatan ini. Mudah-mudahan adik-adik semua tetap senang," tambahnya. 

Sambutan Ketua Gudep 08-001 UNRI Agus Ika Putra.


Ketua Kwarcab Pekanbaru yang diwakili Wakil Ketua Bidang Binamuda kak Jacky Nurwandi SIP mengatakan dengan kata-kata exlplore ini sudah tergambar dan tak asing ditelinga kita. "Explore itu berarti menggali dan Silahkan diexplore Bumi Perkemahan ini," kata kak Jacky. 


"Mewakili kak Masykur Tarmizi ketua Kwarcab Pekanbaru sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Gudep Universitas Riau ini," ungkapnya. 


Ia menyampaikan Kwarcab Pekanbaru selalu mengapresiasi positif setiap usaha-usaha untuk melaksanakan kegiatan kegiatan pramuka di wilayah kota Pekanbaru.



"Alhamdulillah ini tadi dilaporkan ada lima Kwarcab termasuk Pekanbaru dan syukur alhamdulillah mudah-mudahan yang kegiatan ini tidak hanya awal dan akhirnya," ungkap kak Jacky. 


"Kami berharap ini bisa berlanjut terus dan mudah-mudahan tahun depan kegiatan serupa dilaksanakan dengan peserta yang lebih banyak tentunya," harapnya.


Ia mengucapkan terimakasih kepada panitia dan Gugus Depan yang sudah memberikan dukungan dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan ini. 


Ketua Gugus Depan 08-001 Universitas Riau, kak Agus Ika Putra mengatakan beberapa kali acara perhatian penuh dari tingkat Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, dan juga dari Gudep yang lain tetap mendukung kami memberikan pengarahan dan memberikan segala sesuatunya untuk kami tetap berjalan sesuai dengan arah gerakan Pramuka. 



"Kalau di Pramuka pada prinsipnya adalah kegiatan di Ruang Terbuka tetap kita memanfaatkan bumi perkemahan," katanya.


Menurut kak Agus, kegiatan Campground Explore ini kita coba dengan kondisi lahan konservasi ini supaya bisa dinikmati oleh Gugus Depan yang lainnya. 


"Adik-adik dan Kakak Kakak yang hadir pada kesempatan ini untuk dapat menikmati dan mengexplore hutan ditengah Universitas Riau ini," ujarnya. 


Ia berharap Mudah-mudahan kegiatan berjalan dengan lancar. "Kegiatan ini dalam rangka pembinaan watak dan ada silaturahim," ungkap kak Agus. 



"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita saling kenal dan sama-sama nanti berjalan terus di Gerakan Pramuka terutama membangun Gerakan Pramuka di Provinsi Riau," harap kak Agus. 


Sekretaris Sangga Kerja Lola Kusuma dalam laporannya menyampaikan nama kegiatan ini Unri Campground Explore se-Riau Tahun 2023. 


"Tema kegiatan ini adalah mempererat silaturahmi dan meningkatkan jiwa eksplorasi," kata Lola.


Ia menerangkan kegiatan ini diikuti total 84 orang peserta yang berasal dari utusan Kwarcab Kepulauan Meranti, Kwarcab Bengkalis, Kwarcab Kampar, Kwarcab Pekanbaru, dan Kwarcab Siak.


"Untuk jenis kegiatan yang dilaksanakan yakni Giat Prestasi kelengkapan penjelajah, Sandi dan Morse, P3K, Peta Pita dan Peta Perjalanan," terangnya. 

Turut Hadir pada kesempatan itu Sekretaris Kwarda Riau kak Indra Irianto SH, Pembina Gudep 08-001 dan 08-002 Unri, Pembina Pendamping Peserta , Ketua DKC Pekanbaru Kefrinal Pujianto, dan Sangga Kerja dan Panitia Gudep 08-001 dan 08-002 UNRI. *


Pewarta: kak Rasid Ahmad

Editor: kak Sri Lestari

« PREV
NEXT »